بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
الحمد لله الذى فضل على بنى آدم بالعلم والعمل على جميع العالم، والصلاة والسلام على محمد سيد العرب والعجم، وعلى آله وأصحابه ينابيع العلوم والحكم.
وبعد
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang memberikan keutamaan kepada bani Adam dengan ilmu dan beramal dengan segala alam, semoga rahmat dan salam tercurahkan kepada (Nabi) Muhamad SAW penghulu bangsa Arab dan Ajamdan juga kepada keluarga, dan kepada para sahabatnya, yang menjadi sumber segela Ilmu dan berbagai hikmah. Kemudian,
فلما رأيت كثيرا من طلاب العلم فى زماننا يجدون إلى العلم ولايصلون [ومن منافعه وثمراته ـ وهى العمل به والنشر ـ يحرمون] لما أنهم أخطأوا طريقه وتركوا شرائطه، وكل من أخطأ الطريق ضل، ولاينال المقصود قل أو جل،
setelah aku mengamati betapa banyak para pencari ilmu di era kami yang sangat gigih dalam menuntut ilmu, namun mereka tidak mendapatkan hasil atau manfaat dari ilmu-ilmu tersebut dan tidak pula mendapatkan buahnya. Buah ilmu adalah mengamalkan dan menyebarluaskannya –bahkan ada yang menghalangi penuntut ilmu karena sebab tertentu, dimana sang pencari ilmu salah dalam mengambil cara-cara mencari ilmu dan karena meninggalkan syarat-syaratnya. Kebanyakan mereka salah jalan makanya mereka tersesat dan tidak mendapatkan apapun dari yang dituju, sedikit atau banyak.
فأردت وأحببت أن أبين لهم طريق التعلم على ما رأيت فى الكتب وسمعت من أساتيذى أولى العلم والحكم، رجاء الدعاء لى من الراغبين فيه، المخلصين، بالفوز والخلاص فى يوم الدين، بعد ما استخرت الله تعالى فيه، وسميته: :
تعليم المتعلم طريق التعلم
Maka aku berharap dan ingin sekali menjelaskan kepada para pemburu ilmu tentang cara-cara menuntut ilmu berdasarkan yang aku lihat dari berbagai kitab dan dari apa yang aku dengar dari guru-guruku yang memiliki banyak ilmu dan hikmah, seraya berharap akan doa mereka untukku dari tangan orang-orang yang tengah menuntut ilmu dan orang-orang yang penuh ikhlas, agar aku mendapatkan kesuksesan dan selamat di hari Qiyamat. Setelah aku beristikharah kepada Allah SWT tentang kitab yang aku tulis ini, maka aku namakan kitab ini:
“Ta’limul Muta’allimi Thariqat Ta’allumi" (Panduan untuk Siswa, Trik-trik Belajar Efektif)
وجعلته فصولا:
1. فصل : فى ماهية العلم، والفقه، وفضله.
2. فصل : فى النية فى حال التعلم.
3. فصل : فى اختيار العلم، والأساتذ، والشريك، والثبات.
4. فصل : فى تعظيم العلم وأهله.
5. فصل : فى الجد والمواظبة والهمة.
6. فصل : فى بداية السبق وقدره وترتيبه.
7. فصل : فى التوكل.
8. فصل : فى وقت التحصيل.
9. فصل : فى الشفقة والنصيحة.
10. فصل : فى الإستفادة.
11. فصل : فى الورع.
12. فصل : فيما يورث الحفظ، وفيما يورث النسيان.
13. فصل : فـيمـا يجـلب الـرزق، وفيـما يمـنع، وما يزيـد فى العـمـر، وما ينقص.
Dan aku jadikan kitab ini dengan beberapa pasal, yaitu:
1. Fashal, menerangkan substansi Ilmu dan Fiqh serta keutamaannya.
2. Fashal tentang niat dalam mencari ilmu
3. Fashal tentang memilih ilmu dan pengajarnya (ustadz) , teman serta tempat.
4. Fashal menerangkan tentang penghormatan terhadap ilmu dan ahli ilmu
5. Fashal menerangkan tentang kesungguhan, kontinyuitas, dan semangat
6. Fashal, menerangkan tentang permulaan menimba ilmu, mengkalkulasi, dan rutinitas
7. Fashal, menerangkan tentang tawakkal
8. Fashal menerangkan tentang waktu menghasilkan ilmu
9. Fashal menerangkan tentang berkasih sayang dan nasehat
10. Fashal menerangkan tentang menimba manfaat ilmu
11. Fashal menerangkan tentang
wara’ (menjaga kemuliaan diri)
12. Fashal menerangkan tentang faktor-faktor memperlancar hafalan dan faktor-faktor pembuat lupa
13. Fashal menerangkan tentang pintu-pintu pembuka rezeki dan faktor yang mempersulit rezeki, juga tentang hal-hal yang memperpanjang usia dan mengurangi usia.
وما توفيقى إلا بالله عليه توكلت وإليه أنيب
Dan tidak ada yang dapat memberi pertolongan kecuali hanya Allah. Hanya kepada Allah, aku bertawakkal dan kepada-Nya pula aku akan kembali.