22 Juni, 2015

BAYAR ZAKAT FITRAH DENGAN UANG, BOLEH ATAU TIDAK? APA DALILNYA?



Ada khilafiyah di kalangan fuqaha dalam masalah penunaian zakat fitrah dengan uang. 

Pertama, pendapat yang membolehkan. Ini adalah pendapat sebagian ulama seperti Imam Abu Hanifah, Imam Tsauri, Imam Bukhari, dan Imam Ibnu Taimiyah. (As-Sarakhsi, al-Mabsuth, III/107; Ibnu Taimiyah, Majmu’ al-Fatawa, XXV/83).

Dalil mereka antara lain firman Allah SWT ,
”Ambillah zakat dari sebagian harta mereka.” (QS at-Taubah [9] : 103). 

Menurut mereka, ayat ini menunjukkan zakat asalnya diambil dari harta (mal), yaitu apa yang dimiliki berupa emas dan perak (termasuk uang). Jadi ayat ini membolehkan membayar zakat fitrah dalam bentuk uang. (Rabi’ Ahmad Sayyid, Tadzkir al-Anam bi Wujub Ikhraj Zakat al-Fithr Tha’am, hal. 4). 
Mereka juga berhujjah dengan sabda Nabi SAW,
”Cukupilah mereka (kaum fakir dan miskin) dari meminta-minta pada hari seperti ini (Idul Fitri).” 
(HR Daruquthni dan Baihaqi). 

Untuk lebih jelasnya silakan cermati penjelasan berikut ini: 



Menurut mereka, memberi kecukupan (ighna`) kepada fakir dan miskin dalam zakat fitrah dapat terwujud dengan memberikan uang. (Abdullah Al-Ghafili, Hukm Ikhraj al-Qimah fi Zakat al-Fithr, hal. 3). 

Kedua, pendapat yang tidak membolehkan dan mewajibkan zakat fitrah dalam bentuk bahan makanan pokok (ghalib quut al-balad). 
Ini adalah pendapat jumhur ulama Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah. (Al-Mudawwanah al-Kubra, I/392; Al-Majmu’, VI/112; Al-Mughni, IV/295) 
Karena ada dua pendapat yang berbeda, maka kita harus bijak dalam menyikapinya. Ulama sekaliber Imam Syafi’i, mujtahid yang sangat andal saja berkomentar tentang pendapatnya dengan mengatakan, ”Bisa jadi pendapatku benar, tapi bukan tak mungkin di dalamnya mengandung kekeliruan. Bisa jadi pendapat orang lain salah, tapi bukan tak mungkin di dalamnya juga mengandung kebenaran.” Dalam masalah ini, sebagai orang awam (kebanyakan), kita boleh bertaqlid (mengikuti salah satu mazhab yang menjadi panutan dan diterima oleh umat). Allah tidak membebani kita di luar batas kemampuan yang kita miliki.

 “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…”  (Al-Baqarah [2]: 286). 

Sesungguhnya masalah membayar zakat fitrah dengan uang sudah menjadi perbincangan para ulama salaf, bukan hanya terjadi akhir-akhir ini saja. Imam Abu Hanifah, Hasan Al-Bisri, Sufyan Ats-Tsauri, bahkan Umar bin Abdul Aziz sudah membincangkannya, mereka termasuk orang-orang yang menyetujuinya. Ulama Hadits seperti Bukhari ikut pula menyetujuinya, dengan dalil dan argumentasi yang logis serta dapat diterima. Menurut kami, membayar zakat fitrah dengan uang itu boleh, bahkan dalam keadaan tertentu lebih utama. Bisa jadi pada saat Idul Fitri jumlah makanan (beras) yang dimiliki para fakir miskin jumlahnya berlebihan. Karena itu, mereka menjualnya untuk kepentingan yang lain. Dengan membayarkan menggunakan uang, mereka tidak perlu repot-repot menjualnya kembali yang justru nilainya menjadi lebih rendah. Dan dengan uang itu pula, mereka dapat membelanjakannya sebagian untuk makanan, selebihnya untuk pakaian dan keperluan lainnya. 
Wallahu a’lam bish-shawab. 

(Sumber: Konsultasi Zakat LAZISNU dalam Nucare yang diasuh oleh KH. Syaifuddin Amsir / Red. Ulil H) 
Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/46326/menunaikan-zakat-fitrah-menggunakan-uang
Referensi:

Zakat harus dengan makanan pokok 
كاشفة السجا لنووي الجاوي - (ج 1 / ص 270)
وواجب الفطرة لكل واحد صاع من غالب قوت بلد المؤدى عنه وإن كان المؤدي بغيرها من جنس واحد

Zakat fitrah tidak boleh dijual-belikan 
المجموع الجزء السادس ص : 175 
( فرع ) قال أصحابنا لا يجوز للإمام ولا للساعى بيع شىء من مال الزكاة من غير ضرورة بل يوصلها إلى المستحقين بأعيانها لأن أهل الزكاة أهل رشد لا ولاية عليهم فلم يجز بيع مالهم بغير إذنهم فإن وقعت ضرورة بأن وقف عليه بعض الماشية أو خاف هلاكه أو كان فى الطريق خطر أو احتاج إلى رد جبران أو إلى مؤنة النقل أو قبض بعض شاة وما أشبهه جاز البيع للضرورة كما سبق فى آخر باب صدقة الغنم إنه يجوز دفع القيمة فى مواضع للضرورة قال أصحابنا ولو وجبت ناقة أو بقرة أو شاة واحدة فليس للمالك بيعها وتفرقة ثمنها على الأصناف بلا خلاف بل يجمعهم ويدفعها إليهم وكذا حكم الإمام عند الجمهور وخالفهم البغوى فقال إن رأى الإمام ذلك فعله وأن رأى البيع وتفرقة الثمن فعله والمذهب الأول قال أصحابنا وإذا باع فى الموضع الذى لا يجوز فيه البيع فالبيع باطل ويسترد المبيع فإن تلف ضمنه والله أعلم .
روضة الطالبين وعمدة المفتين (2/ 337)
 الثَّالِثَةُ: لَا يَجُوزُ لِلْإِمَامِ وَلَا لِلسَّاعِي أَنْ يَبِيعَ شَيْئًا مِنَ الزَّكَاةِ، بَلْ يُوَصِّلُهَا بِحَالِهَا إِلَى الْمُسْتَحِقِّينَ، إِلَّا إِذَا وَقَعَتْ ضَرُورَةٌ، بِأَنْ أَشْرَفَتْ بَعْضُ الْمَاشِيَةِ عَلَى الْهَلَاكِ أَوْ كَانَ فِي الطَّرِيقِ خَطَرٌ، أَوِ احْتَاجَ إِلَى رَدِّ جِيرَانٍ، أَوْ إِلَى مُؤْنَةِ نَقْلٍ، فَحِينَئِذٍ يَبِيعُ.

Jual-beli tidak diperbolehkan di masjid 
عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده قال: «نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الشراء والبيع في المسجد، وأن تنشد فيه الأشعار» (رواه الترمذي وأبو داود وغيرهما)

Syafiiyyah sepakat zakat tidak boleh menggunakan uang 
المجموع شرح المهذب - (ج 5 / ص 428)
{ الشرح } اتفقت نصوص الشافعي رضى الله عنه انه لا يجوز اخراج القيمة في الزكاة وبه كذا في الاصل والصواب عليهن قطع المصنف وجماهير الاصحاب وفيه وجه ان القيمة تجزئ حكاه وهو شاذ باطل ودليل المذهب ما ذكره المصنف (وأما) إذا اخرج سنا اعلي من الواجب كبنت لبون عن بنت مخاض ونظائره فتجزئه بلا خلاف لحديث ابى السابق ولما ذكره المصنف (وأما) إذا اخرج تبيعين عن مسنة فقد قطع المصنف بجوازه وهو المذهب وبه قطع الجماهير وفيه وجه سبق في باب زكاة البقر والله تعالي اعلم

Titik khilafiyah zakat dengan uang antara Syafiiyah dengan Hanafiyyah 
المبسوط - (ج 4 / ص 141)
( قَالَ ) : فَإِنْ أَعْطَى قِيمَةَ الْحِنْطَةِ جَازَ عِنْدَنَا ؛ لِأَنَّ الْمُعْتَبَرَ حُصُولُ الْغِنَى وَذَلِكَ يَحْصُلُ بِالْقِيمَةِ كَمَا يَحْصُلُ بِالْحِنْطَةِ ، وَعِنْدَ الشَّافِعِيِّ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى لَا يَجُوزُ ، وَأَصْلُ الْخِلَافِ فِي الزَّكَاةِ وَكَانَ أَبُو بَكْرٍ الْأَعْمَشُ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى يَقُولُ : أَدَاءُ الْحِنْطَةِ أَفْضَلُ مِنْ أَدَاءِ الْقِيمَةِ ؛ لِأَنَّهُ أَقْرَبُ إلَى امْتِثَالِ الْأَمْرِ وَأَبْعَدُ عَنْ اخْتِلَافِ الْعُلَمَاءِ فَكَانَ الِاحْتِيَاطُ فِيهِ ، وَكَانَ الْفَقِيهُ أَبُو جَعْفَرٍ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى يَقُولُ : أَدَاءُ الْقِيمَةِ أَفْضَلُ ؛ لِأَنَّهُ أَقْرَبُ إلَى مَنْفَعَةِ الْفَقِيرِ فَإِنَّهُ يَشْتَرِي بِهِ لِلْحَالِ مَا يَحْتَاجُ إلَيْهِ ، وَالتَّنْصِيصُ عَلَى الْحِنْطَةِ وَالشَّعِيرِ كَانَ ؛ لِأَنَّ الْبِيَاعَاتِ فِي ذَلِكَ الْوَقْتِ بِالْمَدِينَةِ يَكُونُ بِهَا فَأَمَّا فِي دِيَارِنَا الْبِيَاعَاتُ تُجْرَى بِالنُّقُودِ ، وَهِيَ أَعَزُّ الْأَمْوَالِ فَالْأَدَاءُ مِنْهَا أَفْضَلُ .

Kutipan Al Qaffal yang memperbolehkan zakat diberikan kepada kiai, ustadz
تفسير المنير الجزء الأول ص 244
ونقل القفال عن بعض الفقهاء فهم أجازوا صرف الصدقات الى جميع الوجوه الحير من تكفين الموتى وبناء الحصون وعماره المسجد للأن قوله في سبيل الله عام في الكل.

(Ahmad Mundzir)

21 Juni, 2015

HAKEKAT TAKDIR, JODOH, REZEKI & MATI

Aku seseorang pemuda muslim, berumur 30 th, Petugas negara & belum menikah. Aku senantiasa gelisah bahkan nyaris putus asa apabila ingat pernikahan & hari/masa depan. Perihal ini berlangsung barangkali karena kehidupan keluarga aku (pribadi aku) atau bisa jadi serta melihat jaman yg sdh tak karu-karuan ini, terlebih utk generasi yg mendatang.

Macam Mana tujuan & penjelasan berkaitan hadits yg "tiap-tiap orang itu telah ditentukan jodoh, rezeki & matinya!"?

Bila kita masih dianjurkan mengupayakan, seberapa besarkan usaha kita buat ke3 hal itu? Apakah usaha kita sama dgn apabila menghadapi selain ke-3 perihal tersebut (contohnya menuntut ilmu)? 

Aku menyaksikan beberapa orang dulu (orang ‘alim) sanggup mantap & mampu mengaplikasikan hadits tersebut, maka walau tak terlampaui sibuk mencari harta, tapi rizkinya konsisten tidak tersendat, anaknya tidak sedikit & mampu beribadah bersama santai. Tetapi kenapa aku tak sanggup seperti itu, maka hidup aku menjadi gelisah & nyaris putus asa?

Diwaktu sedang i'tikaf di masjid atau sesudah shalat atau ibadah-ibadah yg yang lain, kadang-kadang terlintas dalam fikiran aku buat memohon pada Allah supaya nyawa aku secepatnya diambil terhadap di waktu tersebut; mengingat fikiran aku yg senantiasa gelisah apabila memikirkan hri yg mendatang. Bolehkah fikiran aku yg begitu itu?

Jawaban:
Bunyi hadits yg saudara maksudkan, layaknya terdapat dalam kitab al Wafi fi Syarhil Arbain Nawawi halaman 20 ialah yang merupakan berikut:

Úóäú ÃóÈöíú ÚóÈúÏö ÇáÑøóÍúãóäö ÚóÈúÏö Çááå ÇÈúäö ãóÓúÚõæúÏò ÑóÖöíó Çááå Úóäúåõ ÞóÇáó ÍóÏøóËóäóÇ ÑóÓõæúáõ Çááå Õóáøóì Çááå Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÇáÕøóÇÏöÞõ   úãóÕúÏõæúÞõ : Åöäøó ÃóÍóÏóßõãú íõÌúãóÚõ ÎóáúÞõåõ Ýöíú ÈóØúäö Ãõãøöåö ÃóÑúÈóÚöíúäó íóæúãðÇ äõØúÝóÉð Ëõãøó íóßõæúäõ ÚóáóÞóÉð ãöËúáó Ðóáößó Ëõãøó íóßõæúäõ ãõÖúÛóÉð ãöËúáó Ðóáößó Ëõãøøó íõÑúÓóáõ Åöáóíúåö Çáúãóáóßõ ÝóíóäúÝõÎõ Ýöíúåö ÇáÑøõæúÍó
æóíõÄúãóÑõ ÈöÃóÑúÈóÚö ßóáöãóÇÊò ÈößóÊúÈö ÑöÒúÞöåö æóÃóÌóáöåö æóÚóãóáöåö æóÔóÞöíøñ Ãóæú ÓóÚöíúÏñ . ÝóæóÇááåö ÇáøóÐöíú áÇó Åöáóåó ÛóíúÑõåõ Åöäøó ÃóÍóÏóßõãú áóíóÚúãóáõ ÈöÚóãóáö Ãóåúáö ÇáúÌóäøóÉö ÍóÊøóì ãóÇ íóßõæúäõ Èóíúäóåõ æóÈóíúäóåóÇ ÅöáÇøó ÐöÑóÇÚñ ÝóíóÓúÈöÞõ Úóáóíúåö ÇáúßöÊóÇÈõ ÝóíóÚúãóáõ ÈöÚóãóáö Ãóåúáö ÇáäøóÇÑö
ÝóíóÏúÎõáõåóÇ . æóÅöäøó ÃóÍóÏóßõãú áóíóÚúãóáõ ÈöÚóãóáö Ãóåúáö ÇáäøóÇÑö ÍóÊøóì ãóÇ íóßõæúäõ Èóíúäóåõ æóÈóíúäóåóÇ ÅöáÇøó ÐöÑóÇÚñ ÝóíóÓúÈöÞõ Úóáóíúåö ÇáúßöÊóÇÈõ ÝóíóÚúãóáõ ÈöÚóãóáö Ãóåúáö ÇáúÌóäøóÉö ÝóíóÏúÎõáõåóÇ .

Diriwayatkan dari Bpk Abdir Rahman, yakni Abdullah bin Mas'ud ra. Menurutnya:
"Sudah menceriterakan terhadap kami Rasulullah saw. orang yg senantiasa benar & dibenarkan,
sesungguhnya salah seseorang dari anda sekalian dikumpulkan kejadiannya dalam perut ibunya selama empat puluh hri berupa air mani.
Seterusnya jadi segumpal darah dalam kala empat puluh hri. Seterusnya jadi segumpal daging jangka waktu empat puluh hri. Lalu diutus seseorang malaikat terhadap janin tersebut & ditiupkan ruh kepadanya & malaikat tersebut diperintahkan buat menuliskan empat perkara, yaitu: menuliskan rizkinya, batas umur-nya, pekerjaannya & kecelakaan atau kebahagiaan dalam hidupnya. Demi Allah yg tak ada Tu-han selain-Nya, sungguh ada salah satu orang di antara anda sekalian sudah beramal dgn amal ahli sorga maka tak ada jarak antara beliau & sorga kecuali satu hasta, selanjutnya catatan taqdir sudah mendahuluinya, maka dirinya jalankan tugas ahli neraka, sehingga ia masuk ke dalam neraka.Dan sungguh ada salah seseorang dari anda sekalian yg beramal bersama amalan ahli neraka, maka tak ada jarak antara ia bersama  neraka kecu-ali satu hasta, selanjutnya catatan taqdir sudah mendahuluinya, maka dirinya beramal dgn amal ahli sorga, sehingga ia masuk ke dalam sorga."

Hadits diatas ini yaitu info dari Allah swt. terhadap semua manusia melalui Rasulullah saw.
berkaitan hakekat dari rizki, usia, tugas & kebahagiaan atau kecelakaan termasuk juga jodoh, yg mesti diyakini oleh tiap-tiap orang muslim, namun tak boleh dibahas lantaran hakekat itu ialah hak dari Allah swt.; & tak boleh dijadikan pegangan oleh tiap-tiap muslim kepada diwaktu dapat mengusahakan & mengupayakan. Selagi bakal berusaha lakukan pekejaan yg akan mengantarkan ia pada cita-citanya, tiap-tiap orang muslim mesti berpegangan pada rahmat Allah yg amat luas yg
bersama rahmat tersebut Allah Maha Kuasa buat mengabulkan & menuruti keinginannya. Setelah
Itu sesudah orang muslim tersebut mengupayakan & cita-citanya belum tercapai, baru dirinya
bersandar pada hakekat, biar jiwanya tak stres.

Usaha yg mesti kita lakukan buat mencapai harapan merupakan sebatas kapabilitas yg sudah diberi oleh Allah swt. pada kita sekalian. Dikarenakan walaupun Allah swt. sudah menetapkan sesuatu keputusan pada kita, tapi kalau kita bersungguh-sungguh berdo'a & memohon pada Allah supaya ketentuan yg sudah ditetapkan kepada kita tersebut dirubah oleh Allah, insya Allah permohonan & do'a kita dikabulkan, layaknya sabda Nabi saw. dalam salah satu hadits :

áÇó íóÑõÏøõ ÇáúÞóÖóÇÁó ÅöáÇøó ÏõÚóÇÁñ .

Tak ada yg bakal menolak ketetapan Allah kecuali doa Usaha kita dalam mencari ilmu contohnya & lain-lainnya pun mesti bersungguh-sungguh sebatas kapabilitas yg ada pada kita. Dapat namun seandainya nyata-nyatanya berulang kali ujian kita tetap tidak berhasil, kita mesti langsung bersandar kepada qadla' & qadar Allah swt. agar kita tak frustasi hingga marah & dendam yg berkepanjangan pada guru atau dosen yg menguji.

Sebenarnya kamu pun mampu memperoleh ketenangan & ketentraman hidup layaknya yg sudah dicapai oleh beberapa orang yg hidupnya senantiasa berikhtiar utk mendekatkan beliau pada Allah & tak pertimbangkan rizqi dari Allah dengan cara matematika. Contohnya kamu yang merupakan Petugas Negara (Pegawai Negeri Sipil) bersama upah yg cuma pas-pasan buat memenuhi kepentingan hidup kamu, se-hingga karenanya kamu tak berani utk kawin karena khawatir tak akan berikan nafkah terhadap isteri & anak yg dapat lahir dari isteri. Dalam perihal ini kamu lupa bahwa isteri & anak yg bakal lahir dari isteri kamu sebenarnya rizkinya serta telah dipastikan oleh Allah swt. layaknya firman Allah dalam Al Qur'an surat Hud ayat 6 yg antara lain berbunyi :

æóãóÇ ãöäú ÏóÂÈøóÉò Ýöí ÇáÃóÑúÖö ÅöáÇøó Úóáóì Çááåö ÑöÒúÞõåóÇ ... ÇáÂíÉ

tiada makhluk yg merangkak di bumi kecuali rizkinya ditanggung oleh Allah & dalam surat At Thalaq ayt 2 - 3 , Allah swt. berfirman :

æóãóäú íóÊøóÞö Çááåó íóÌúÚóáú áóåõ ãóÎúÑóÌðÇ æóíóÑúÒõÞúåõ ãöäú ÍóíúËõ áÇó íóÍúÊóÓöÈõ æóãóäú íóÊóæóßøóáú Úóáóì Çááåö Ýóåõæó ÍóÓúÈõåõ .

Barangsiapa yg bertaqwa terhadap Allah, niscaya Allan dapat menjadikan ja-lan ke luar baginya & bakal berikan rizqi dari arah yg tak ia perkirakan & barang siapa yg bertawakkal terhadap Allah, niscaya Allah dapat mencukupinya.

Dalam tafsir Al Munir yg dimaksud bersama "Barangsiapa yg bertawakkal terhadap Allah, niscaya Allah bakal mencukupinya" merupakan bahwa barangsiapa yg yakin terhadap Allah menyangkut apa saja yg ia peroleh, sehingga Allah dapat mencukupi dirinya dalam seluruh urusannya. Pikiran kamu yg begitu itu dilarang oleh agama. Karena bagaimanapun kondisi yg menimpa diri kamu, kamu diperintahkan selalu untuk menginginkan terhadap rahmat Allah & dilarang berputus asa. Dalam surat Az Zumar ayat 53 Allah swt. sudah berfirman :

Þõáú íóÇ ÚöÈóÇÏöíó ÇáøóÐöíúäó ÃóÓúÑóÝõæúÇ Úóáóì ÃóäúÝõÓöåöãú áÇó ÊóÞúäóØõæúÇ ãöäú
ÑóÍúãóÉö Çááåö ... ÇáÂíÉ

Katakan olehmu Muhammad : Wahai para Hamba-Ku yg sudah menghambur-hamburkan umurnya, jangan sampai anda sekalian berputus asa kepada rahmat Allah.

(Sumber: Bahtsul Masail th 1999, Kediri. Perubahan redaksi oleh Zona Studi)

JUMLAH RAKAAT TARAWIH BERDASARKAN HADIS SITI AISYAH

Ada sebahagian orang yg mengatakan tentang bilangan raka'at tarawih. Mereka berfatwa bahwa bilangan rakaat tarawih cuma 8 (delapan) raka'at.

Kami telah menyelidiki dalil yg dimajukan mereka, yakni cuma satu buah hadits yg berbunyi begini :

"Berkata Sitti 'Aisyah Umul Mu'minin: Tak ada Nabi menambah kepada bln Ramadhan & bln yang lain dari 11 raka'at" (Hadits Riwayat Imam Bukhari).

Kelihatan dalam hadits ini, bahwa Nabi cuma shalat 11 raka'at, merupakan 8 raka'at shalat tarawih & 3 raka'at shalat witir tak lebih tak kurang. Sebab Itu orang yg menciptakan shalat tarawih lebih dari 11 raka'at yakni bid'ah.

Mereka mengatakan bahwa para penganut Madzhab Syafi'i yg shalat tarawih 20 raka'at yakni merupakan tukang-tukang bid'ah yg masuk neraka.

Jawab:


Silakan kita kupas soal ini agak mendalam. Kita majukan sekian banyak masalah:

  1. Hadits ini sahih riwayat Imam Bukhari, ini dipercaya dikarenakan tersebut dalam kitab hadits Sahib Bukhari, terhadap juzu' III, halaman 275. 
  2. Perkataan Ummul Mukminin Sitti 'Aisyah ini dipercaya kebenarannya, lantaran ini benar-benar ucapan ia, tak diragukan lagi. Cuma yg jadi pertanyaan: Shalat apa yg dikatakan Siti 'Aisyah ini, apakah shalat seluruh, apakah shalat tahajjud, apakah shalat witir, apakah shalat tarawih, ataukah shalat sunnat-sunnat yg lain-lain? Shalat apa yg di­katakan bahwa Nabi tak pemah shalat lebih dari 11 raka'at itu?
  3. Jikalau dikatakan semua shalat yg tengah malam tak barangkali sebab :

          a. Shalat Maghrib 3 raka'at.

          b. Sunnat setelah Maghrib 2 raka'at.

          c. Sunnat sebelum lsya 2 raka'at.

          d. Shalat 'Isya 4 raka'at.

          e. Sunnat setelah 'Isya 2 raka'at.

Ini saja berjumlah 13 raka'at. Ini biasa dikerjakan Nabi, & tidak sedikit hadits-haditsnya termaktub dalam kitab-kitab hadits.

          f. Bila ditambah dgn shalat tahajud paling kurang 2 raka'at.

          g. Shalat witir paling kurang 3 raka'at.
              Sehingga telah jadi sebanyak 18 raka'at.

Tak mungkin yang dimaksud oleh Siti 'Aisyah shalat-shalat ini!

Nah, apabila demikian shalat apa gerangan yg dimaksud oleh Siti 'Aisyah, yg dikatakan dirinya bahwa Nabi mengerjakannya tak lebih dari 11 raka'at???
4. Apabila dikatakan ini merupakan shalat tarawih pun tak mungkin, karena:

a. Di dalam hadits ini dikatakan bahwa Nabi tak melebihi shalatnya dari 11 raka'at di bln Ramadhan & di bln-bln yg lain.


Perkataan dia "serta di lain Ramadhan" membuktikan bahwa maksudnya bukan shalat tarawih, lantaran shalat tarawih tak ada dalam bln lain Ramadhan.

Sehingga dalil ini tak sesuai buat shalat tarawih. Bahkan Jauh panggang dari api. bertentangan dalil dgn madlul.


b. Jikalau benar yg di katakan Siti 'Aisyah, bahwa maksudnya shalat tarawih, kenapakah Sayidini Umar & para Sahabat-sahabat Nabi terhadap era Sayidina Umar bin Khathab shalat 20 raka'at?


c. Andaikata tujuan Siti 'Aisyah shalat tarawih, andai kata misalkan, sehingga perihal ini tak dapat mengalahkan Sayidina Umar & sahabat-sahabat Nabi di era Umar yg telah sepakat mengerjakan shalat tarawih 20 raka'at sebab menurut ilmu usul fikih :

"Yang menetapkan ada didahulukan atas yg meniadakan".


Siti 'Aisyah Rda. cuma menyaksikan Nabi shalat 11 raka'at, sedang orang lain (Sahabat-sahabat yg mutlak pun) menyaksikan 23 raka'at

Orang yg tidak sedikit ilmunya didahulukan dari orang yg sedikit ilmu pengetahuannya.

Inilah arti kaedah usul fikih itu, merupakan : Orang yg menetapkan didahulukan dari yg meniadakan.



8. Tujuan SITI 'AISYAH Yakni SHALAT TAHAJUD Tengah Malam

Shalat yg dikatakan oleh Ummul Mu'minin Siti 'Aisyah Rda yg menyebutkan bahwa Nabi Muhammad Saw tak lebih dari mengerjakannya dari 11 raka'at itu yakni shalat tahajud tengah malam hri; witir di belakangnya, bukan shalat tarawih.

a. Nabi mengerjakan 11 raka'at itu bukan saja dalam bln Ramadhan saja namun di luar Ramadhan pun, layaknya di terangkan oleh itu, bukti bukan shalat tarawih, lantaran shalat tarawih tak ada dalam bln lain tidak cuma Ramadhan.

"Shalat tengah malam Rasulullah dalam bln Ramadhan & tidak hanya bln Ramadhan".(Sahih Bukhari Juz 1, hal. 142).

Ini penjelasan bahwa Imam Bukhari pun berpendapat, bahwa shalat ini bukan shalat tarawih, namun shalat tahajud tengah malam yg dikerjakan dalam bln Ramadhan & di luar Ramadhan.


9. Ringkasan

  1. Raka'at shalat tarawih ialah 20 raka'at, dikarenakan telah ijma' sahahat Nabi mengerjakannya terhadap era Khalifah Umar bersama perintah Khalifah Umar bin Khathab.
  2. Kita Ummat Islam diwajibkan mengikut ijma', terlebih ijma' Sahahat.
  3. Barang siapa tak mengakui hitungan raka'at tarawih 20 raka'at seakan-akan "hanya" menentang Sayidina Umar (bukan menentang Nabi), padahal Nabi menyuruh supaya seluruhnya ummat Islam mengikuti Sayidina Umar Rda.
  4. Nabi tak ada shalat tarawih 8 raka'at.
  5. Barang siapa mengerjakan shalat tarawih 8 raka'at, maka itu tak disebut shalat tarawih.
  6. Inilah fatwa Agama dalam Madzhab Syafi'i Rda. yg terpakai di Indonesia sedari dahulu.

(KH. Siradjuddin Abbas. Ringkasan dan perubahan redaksi oleh Zona Studi).

20 Juni, 2015

DAFTAR BUKU-BUKU BEST SELLER DARI BERBAGAI PENERBIT


KATALOG. Inilah sebagian daftar buku yang ada pada Toko Buku "Zona Studi". Ratusan buku lainnya belum kami update, termasuk daftar harga yang belum kami cantumkan. Namun, bila Anda berminat bisa hubungi kami di nomor 081293324575.

Terima kasih.
Toko Buku Zona Studi




ALAT BANTU SEKS BULAN PUASA DAN BULAN LAIN

Sebagaimana kita maklumi, di Surabaya belakangan ini banyak sekali toko-toko yang menjual alat-alat pelampias seks seperti: boneka elektrik, penis elektrik, dan alat-alat bantu lainnya.

Bagaimana hukum menggunakan alat-alat tersebut? Dan bagaimana orang yang menggunakan alat tersebut, apakah termasuk zina?

Jawaban:

Menggunakan alat-alat tersebut tentu saja hukumnya haram!

Dan orang-orang yang menggunakan alat-alat tersebut termasuk telah melakukan zina dengan tangannya sendiri, karena alat-alat tersebut berfungsi dengan bantuan tangannya sendiri. Dia mendapat hukuman ta'zir yang ditentukan oleh hakim, meskipun tidak seberat hukuman zina yang dilakukan oleh orang laki-laki dengan wanita lain.

Dasar pengambilannya adalah:

Kitab I'anatut Thalibin, juz 4, hal. 143:

ÝóáÇó ÍóÏøó ÈöãõÝóÇÎóÐóÉò æóãõÓóÇÍóÞóÉò æóÇÓúÊöãúäóÇÁò ÈöíóÏö äóÝúÓöåö Ãóæú ÛóíúÑö ÍóáöíúáóÊöåö Èóáú íõÚúÒóÑõ ÝóÇÚöáõ Ðóáößó (Þóæúáõåõ æóÇÓúÊöãúäóÇÁñ) Ãóíú ÊóÚóãøõÏõ ØóáóÈö ÅöÎúÑóÇÌö Çáúãóäöíøö (æóÞóæúáõåõ ÈöíóÏö äóÝúÓöåö Ãóæú ÛóíúÑö ÍóáöíúáóÊöåö) ÝóÅöäú ßóÇäó ÈöíóÏöåóÇ ÝóáÇó ÍõÑúãóÉó .

Tidak ada hukuman had (hukuman yang ditentukan oleh Syara') perbuatan mengeluarkan air mani dg menggunakan paha orang lain (laki-laki dg laki-laki) dan perbuatan lesbian (perbuatan yg dilakukan oleh seorang perempuan dg sesama jenisnya dengan menggunakan kemaluannya) dan mengeluarkan air mani dengan tangannya sendiri atau dengan tangan selain isterinya. Tetapi org yg melakukan hal tsb dikenakan ta'zir (hukuman yg beratnya ditentukan oleh hakim), (Penulis kitab menyebutnya: Istimna') artinya sengaja berusaha mengeluarkan air mani. (Dan ucapan pengarang: Dengan tangannya sendiri atau selain tangan isterinya), maka jika dengan tangan isterinya, hukumnya tidak haram.

Kitab Syarah Sulam Taufiq halaman 76 - 77:

ÝóÕúáñ: æóãöäú ãóÚóÜÜÜÜÇÕöí ÇáúÝóÜÜÜÑúÌö ÇáÒøöäóÜÜÜÜÜÜÜÇ ... Åöáóì Ãóäú ÞóÇáó: æóÇáÅöÓúÊöãúäóÇÁõ ÈöíóÏö ÛóíúÑö ÇáúÍóáöíúáóÉö .

Fasal: Dan di antara kemaksiatan-kemaksiatan kemaluan adalah zina dan homoseksual ... sampai pada ucapan pengarang: dan sengaja mengeluarkan air mani dengan menggunakan tangan selain isterinya sendiri. 

(Sumber: Bahtsul Masail tahun 2000, Lirboyo)

ISBAT AWAL BULAN RAMADHAN DENGAN RUKYAT INTERNASIONAL. BAGAIMANA HUKUMNYA?

Visibilitas hilal -yang terjadi dg melihat hilal turut membantu indera mata ru'yatul hilal-merupakan pilihan utama dalam pemikiran jumhur fuqaha bila hendak menetapkan awal bulan qamariyah. Metode lain bila mengalami kegagalan adalah dengan metode istikmal.

Hisab astronomi (perhitungan falakiah) hanya ditempatkan sbg pendukung, guna memperkirakan waktu konjungsi (al-ijtima') dan kadar ketinggian hilal di ufuk. Konsekuensi metode hisab astronomi adalah berlakunya peta mathla' secara lokal (per-negara). Penetapan mathla' hanya berlaku lokal di negara setempat bisa dipahami dari perintah Rasulullah SAW kepada pejabat Amir kota Makkah saat beliau menunaikan ibadah haji.
(HR Abu Dawud dari Husein bin Al-Haris al-Jadaly).

Masyarakat akhir-akhir ini sering dikacaukan oleh seruan berhari raya Idul Fithri berpedoman pada hari Idul Fithri di negera Arab Saudi.
Baru-baru ini al-Ihtikam sebagai yayasan melaksanakan Idul Adha pun mengikuti Idul Adha dari negera Arab Saudi. Kedua cara itu dimaksudkan untuk melegalisasi ru'yatul hilal negara Arab Saudi sebagai rukyat internasional.

Pertimbangan Hukum:
Lokasi kepulauan Indonesia jelas berbeda mathlak-nya dengan Arab Saudi.

Ru'yatul hilal yang gagal terjadi di seluruh wilayah Indonesia, bisa saja berhasil dilakukan oleh negara lain, termasuk Saudi Arabia karena saat terbenam matahari mereka 4 (empat) jam lebih ke belakang dibanding waktu standar Indonesia.

Kriteria Imkanur ru'yah hasil kesepakatan MABIMS adalah:
- Ketinggian hilal dua derajat.
- Umur bulan minimal delapan jam saat konjungsi.
- Ibnu Abidin dalam kitab ÇáÑÏ ÇáãÍÊÇÑ ÌÒÁ 2 Õ393 dalam substansi uraiannya menempatkan mathla' negara setempat sebagai acuan pokok penetapan awal bulan qamariyah, utamanya bulan Dzulhijjah.

Bagaimana hukum menetapkan awal bulan qamariyah khususnya awal Ramadlan, Syawal dan Dzulhijjah berdasarkan rukyat al-hilal internasional untuk pedoman beribadah di Indonesia?

JAWAB:
Umat Islam Indonesia maupun Pemerintah Republik Indonesia tidak dibenarkan mengikuti rukyat al-hilal internasional, karena berbeda mathla' dan tidak berada dalam kesatuan hukum.

Dasar Pengambilan:

1- ÝÊÍ ÇáÈÇÑì ÈÔÑÍ ÇáÈÎÇÑì ááÍÇÝØ ÇÈä ÍÌÑ ÇáÚÓÞáÇäì ÇáÌÒÁ ÇáÑÇÈÚ Õ 123
æÚÈÇÑÊå: ËÇäíåÇ ãÞÇÈáå ÇÐÇ ÑÄí ÈÈáÏÉ áÒã Çåá ÇáÈáÏ ßáåÇ æåæ ÇáãÔåæÑ ÚäÏ ÇáãÇáßíÉ¡ Íßì ÇÈä ÚÈÏ ÇáÈÑ ÇáÅÌãÇÚ Úáì ÎáÇÝå æÞÇá ÇÌãÚæÇ Úáì Çäå áÇÊÑÇÚì ÇáÑÄíÉ ÝíãÇ ÈÚÏ ãä ÇáÈáÇÏ.
2- ÝÊÇæì ÔÑÚíÉ "ÚÈÏ Çááå ÇÈä ÚãÑ ÇÈä íÍí ÇáÚáæì" Õ 110
æÚÈÇÑÊå: (ÇáÇæá) áÒæã ÇáÕæã Úáì ÌãíÚ ÇáäÇÓ ÇáãÕÏÞ ÈÇáÑÄíÉ æÛíÑå æÔÑØå Çä íÊÍÏ ãØáÚ ÇáÈáÏíä Çæ ÇáÈáÏÇä æÇä ÒÇÏ ãÇÈíäåãÇ Úáì ãÓÇÝÉ ÇáÞÕÑ.
3- ÝÊÍ ÇáÈÇÑì ÇáÌÒÁ ÇáÑÇÈÚ Õ123
æÚÈÇÑÊå: æÞÇá ÇÈä ÇáãÇÌíÔæä: áÇíáÒãåã ÈÇáÔåÇÏÉ ÅáÇ áÃåá ÇáÈáÏ ÇáÐì ËÈÊÊ Ýíå ÇáÔåÇÏÉ ÅáÇ Çä íËÈÊ ÚäÏ ÇáÅãÇã ÇáÇÚÙã ÝíáÒã ßáåã¡ áÃä ÇáÈáÇÏ Ýì ÍÞå ßÇáÈáÏ ÇáæÇÍÏ ÇÐ Íßãå äÇÝÐ Ýì Íßãå.
Sumber: Bahtsul Masail tahun 1999 (Kediri)

14 Juni, 2015

MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN IBNU TAIMIYAH

Dalam suatu buku di katakan bahwa Ibnu Taimiyah adalah seorang pemoderenisasi agama apakah benar demikian? Dan juga mereka menurut kami beliau sangat berjasa terhadap perkembangan Islam. Dan pantaskah pendapat-pendapat beliau mayoritas umat Islam? Dan tolong dalilnya baik dari Al-Quran, Hadist, Ijma’ ataupun Qiyas?

Jawab:
Sebelum kami menjawab pertanyaan anda mengenai Ibnu Taimiyah, akan lebih baik jika kami ketengahkan sedikit tentang siapa sebenarnya Ibnu Taimiyah dan bagaimana pemahamannya. Nama lengkap beliau adalah Ahmad Taqiyudin, Abu Abbas ibn Syihabudin Abdul Mahasin Abdul Halim ibn syaikh Majdudin Abil barakat Abdus Salam ibn Abi Muhammad ibn Abi qasim Al khadar, ibn Muhammad bin Al khadar ibn Ali bin Abdillah.
Beliau Dilahirkan di desa Heren, desa kecil di Palestina dari suku Kurdi, dan beliau wafat pada tahun 724 H. Dia hidup sezaman dengan Imam Nawawi, seorang ulama’ fiqh terbesar dalam madzhab Syafi'i.

Pada mulanya Ibnu Taimiyah adalah seorang ulama’ pengikut madzhab Hanbali dan banyak pengetahuanya tentang fiqih dan ilmu ushuluddin. Namun amat disayangkan sekali beliau terpengaruh oleh faham Mujassimah/Musabbihah (materialisme) yang menyerupakan tuhan dengan makhluk dan juga banyak mengeluarkan fatwa yang jauh berbeda denagan fatwa-fatwa yang ada dalam mazdhab Hanbali sendiri dan juga dari madzhab-madzhab Hanafi, Maliki dan Syafii.

Yang menjadi dasar pendiriannya ialah “mengartikan ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Nabi saw. yang bertalian dengan sifat-sifat Tuhan menurut arti lafalnya yang lahir (nampak), yakni secara harfiah saja.
Oleh karena itu menurut Ibnu Taimiyah, Tuhan itu mempunyai muka, mata, tangan, rusuk, duduk dengan bersila, datang dan juga pergi. Tuhan adalah cahaya langit dan bumi, karena katanya, hal itu semua tersebut dalam Al-Quran.

Ibnu Taimiyah juga mengatakan bahwa berdasarkan hadits-hadits yang shahih, boleh di tunjuk dengan jari, mempunyai tumit kaki, mempunyai tangan kanan, mempunyai nafas, Tuhan itu berada di atas langit, turun naik dan Tuhan itu adalah 'masa'.
Dengan sombong Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa ia akan memperbaharui pengajian dari ulama yang terdahulu dan akan mengembalikan mereka kepada Alquran dan Al-Hadits katanya. Ia akan memerangi khufarat dan bid’ah karena menyerupakan Tuhan dengan makhluk.

Ibnu Taimiyah memaklumkan perlawanan kepada kaum muslimin yang bertaqlid dalam furu’ syariat kepada mazhab empat dan memerintahkan umat Islam untuk berijtihad sendiri. Dia lupa bahwa bapaknya dan dia sendiri pada mulanya adalah menganut mazdhab Hanbali. Dia telah melarang orang bertaqlid kepada empat madzhab yang telah diterima oleh dunia Islam, sementara dia sendiri justru mengajak orang bertaqlid kepadanya, atau sekurang-kurangnya kepada gurunya yang belum tentu alim dalam bidang agama.

Karena fatwa-fatwanya yang bertentangan dengan ajaran Rasululah saw. dan para sahabat nabi terkemuka, maka Ibnu Taimiyah harus keluar masuk dalam penjara dan akhirnya mati dalam penjara.

Di antara ajaran Ibnu Taimiyah yang bertentangan dengan aqidah ahlus sunnah wal jamaah adalah:

1. Tuhan duduk di atas ‘Arasy serupa dengan duduknya Ibnu Taimiyah.
2. Tuhan turun dari langit pada waktu separo terakhir dari malam, serupa dengan turunnya Ibnu Taimiyah dari mimbarnya.
3. Perjalanan ziarah ke makam Nabi Muhammad saw. di madinah adalah perjalanan maksiat.
4. Doa bertawasul adalah syirik.
5. Thariqat-thariqat sufiyah adalah bid’ah dan haram.
6. Bersumpah dengan talak, tidak membuat talak jatuh, tetapi suami diwajibkan membayar sumpah
7. Menjatuhkan talak kepada istri yang sedang haid, maka talaknya tidak jatuh.
8. Menjatuhkan talak kepada istri pada waktu suci tetapi sudah disetubuhi itu tidak jatuh talaknya.
9. Shalat yang ditinggalkan dengan sengaja itu tidak usah di-qadla’.
10. Menjatuhkan talak tiga sekaligus hanya jatuh satu.
11. Orang yang junub boleh melakukan salat sunnat malam tanpa harus mandi lebih dahulu.
12. Orang yang mengingkari ijma’ tidak kafir dan tidak fasik.
13. Tuhan itu adalah tempat bagi sifat-sifatnya yang baru (menurut Ibnu Taimiyah, sifat-sifat Tuhan tidak qadim [kekal]).
14. Dzat Allah itu tersusun yang satu berkehendak kepada yang lain (tidak tunggal).
15. Alquran itu baru, bukan qadim.
16. Alam itu qadim.
17. Tuhan Allah itu bertubuh, ber-'jihat' (berarah) dan berpindah-pindah.
18. Neraka itu akan lenyap dan tidak kekal.
19. Tuhan Allah itu sama besarnya dengan ‘Arasy.
20. Nabi-nabi itu tidak ma'shum (dapat berbuat dosa).
21. Dan lain-lainya lagi sebagaimana disebutkan dalam Kitab "Daf’u Syubuhat man Syabbaha Wa Tamarrada" karangan Al Imam Alkabir Alhujjah "Taqiyyudin Abi Bakrin Al Hishni ad Dimasyqi" (beliau meninggal dunia pada tahun 829 H.), Halaman 33- 48.

Bahkan pada halaman 45 dari kitab tersebut, para ulama dari madzhab empat yang sezaman dengan Ibnu Taimiyah telah memberikan fatwa bahwa Ibnu Taimiyah telah menjadi kafir sebab pendapatnya telah menyeleweng dari bidang aqidah, fiqh dan tashawwuf.

Dengan uraian kami di atas maka jawaban kami terhadap pertanyaan saudara adalah:

1. Ibnu Taimiyah itu bukanlah seorang modernis dalam agama Islam melainkan perusak ajaran Ahlus Sunnah wal Jamaah (Sunni).

2. Pandangan Anda tentang Ibnu Taimiyah bahwa dia berjasa dalam perkembangan Islam di dunia sama sekali tidak dapat dibenarkan oleh sejarah.
 
(Sumber: Bahsul Masail tahun 1997, perubahan redaksi oleh Zona Studi)

12 Juni, 2015

APA HUKUM DISUNTIK ATAU TETES MATA DAN TELINGA KETIKA PUASA?

Saya seorang karyawan rumah sakit Islam di Mojokerto dan sering menjumpai permasalahan khususnya di bulan Ramadlan. Adapun permasalahannya itu sebagai berikut:
1. Bagamana hukumnya orang puasa yang diberi injeksi/suntikan?
2. Bagaimana hukumnya orang yang berpuasa dipasang infus?
3. Bagaimana hukumnya orang puasa yang diberi obat tetes mata/tetes mata atau tetes telinga?

Jawab:
1. Orang yang berpuasa disuntik maka puasanya tidak batal, karena obat yang dimasukkan melalui injeksi adalah ke dalam daging, tidak ke dalam rongga badan.

Dasar pengambilan Kitab Al Mahalli, Hamisy Kitab Al Qalyubi juz 2 halaman 56:

æóáóæú ÇóæúÕóáó ÇáÏøóæóÇÁó áöÌóÑóÇÍóÉò Úóáóì ÇÓøóÇÞö Çöáóì ÏóÇÎöáö ÇáøóáÎúãö Çóæú ÛóÑóÒó Ýöíúåö ÓößøóíúäðÇ æóÕóáóÊú ãõÍøóåõ áóãú íõÝúØöÑú áÃöóäøóåõ áóíúÓó ÈöÌóæúÝò.

Andaikata seseorang menyampaikan obat bagi luka betis sampai luka kedalam daging, atau menancapkan pisau pada betis tersebut sampai ke sumsum, hal tersebut tidak sampai membatalkan puasanya, daging itu bukan rongga badan.

2. Infus yang diberikan kepada pasien itu ada dua macam walaupun caranya sama yaitu: infus untuk memasukan obat dan infus untuk memasukan makanan. Akan tetapi kedua macam infus tersebut dilakukan dengan memasukan jarum infus ke dalam saluran darah.

Masalahnya sekarang, apakah saluran darah itu oleh ilmu kedokteran dianggap rongga seperti usus yang menjadi saluran makanan, oleh karena itu memasukkan jarum injeksi ke dalam urat nadi tersebut oleh ilmu kedokteran tidak di anggap rongga seperti usus, maka memasukkan jarum injeksi itu tidak dimasukkan melalui jarum infus tersebut adalah bahan makanan.

Sebab orang yang di infus dengan bahan makanan yang kadang-kadang beberapa tube, dia akan sanggup hidup meskipun berbulan-bulan walaupun tanpa makanan dan minuman lewat mulutnya. Maka ditinjau dari kandungan hikmah disyariatkan puasa, memasukkan bahan makanan melalui jarum infus dapat membatalkan puasa.

Dasar pengambilan Kitab Al Mahalli, Hamisy Kitab Al Qalyubi juz 2 halaman 56:

æóáóæú ØóÚóäó äóÝúÓóåõ Çóæú ØóÚóäóåõ ÛóíúÑõåõ ÈöÇöÐú äåö ÝóæóÕóáó ÇáÓøößöíúäõ ÌóæúÝóåõ ÃóÝúØóÑó.

Dan andaikata seseorang menikam dirinya sendiri atau orang lain menikam dirinya dengan izinnya, kemudian pisaunya sampai pada rongga, maka itu semua membatalkan puasanya.

3. Memasukan obat tetes ke dalam telinga hukumnya membatalkan puasa. Sedangkan memasukkan obat tetes mata tidak membatalkan puasa.

Dasar pengambilannya dari Kitab Al Fiqhul Manhaji ala Madzahibil Imam Asy Syafi'i halaman 84:

ÝóÇ ÞóØúÑóÉõ ãöäó ÇáÃõÐõäö ãõÝúØöÑóÉñ, áÃóäøóåóÇ ãóäúÝóÏñ ãóÝúÊõæúÍñ. æóÇáúÞóØúÑóÉõ Ýö ÇáúÚóíúäö ÛóíúÑõ ãõÝúØöÑóÉò áÃöóäøóåõ ãóäúÝóÏñ ÛóíúÑõ ãóÝúÊõæúÍò.

Maka tetesan ke dalam lubang dari telinga adalah membatalkan puasa, sebab telinga itu adalah lubang yang terbuka. Dan tetesan kedalam mata itu tidak membatalkan puasa, sebab mata itu lubang yang tidak terbuka.

BAGAIMANA CARA MEMBAYAR SHALAT YANG DITINGGALKAN?


Kasus: Beberapa tahun yang lalu si Ali terserang penyakit parah sehingga mengharuskan istirahat yang lama. Selama itu, ia pernah meninggalkan salat fardlu yang tidak ia ketahui bilangannya, artinya ia sama sekali lupa berapa yang telah ditinggalkanya. Ia sudah berusaha mengingat-ingat, tapi tetap lupa (alias tidak ingat sama sekali).

Bagaimana cara menggantikanya dan berapa waktu/bilangan yang harus diganti? Dosakah ia, melihat yang shalat-shalat yang ditinggalkanya sangat banyak?

Jawab:
Cara meng-qadla’ salatnya dapat dilakukan dengan qadla’ keliling, meng-qadla’ salat zuhur pada waktu salat zuhur, meng-qadla’ salat ashar pada waktu ashar, meng-qadla’ salat magrib pada waktu salat magrib, meng-qadla’ isyak pada waktu salat isyak dan salat subuh pada waktu subuh, atau dengan cara lainnya sebagaimana disebutkan dalam kitab–kitab fiqih. Sedangkan jumlah yang harus di-qadla' adalah jumlah yang diyakini telah ditinggalkan.

Dasar pengambilan Kitab Al Mustarsyidin halaman 36:

Seseorang telah ragu mengenai jumlah salat-salat yang ia tinggalkan, maka wajib melakukan shalat yang dia yakini telah melakukannya, seperti pendapat Ibnu Hajar dan Mim Ra’. Imam Qoffal berkata: Dia harus mengqadla’ apa yang telah nyata meninggalkanya.

Dia tidak berdosa karena salat yang ditinggalkanya terlalu banyak, tetapi berdosa karena sengaja meninggalkan salat. Sebab seseorang itu jika tidak dapat melakukan salat dengan berdiri, dia harus salat dengan duduk. Jika tidak dapat salat dengan duduk, maka dia harus salat dengan tidur atau miring. Dan jika tidak dapat salat dengan tidur miring, maka dia harus salat dengan tidur terlentang.
Dasar pengambilan Kitab "Kasyifatus Saja", syarah kitab "Safinatun Naja" halaman 53:

Asal dari kewajiban berdiri dalam salat fardlu adlah sabda Nabi saw. Kepada Imran bin Husain, beliau menderita penyakit bawasir: Salatlah engkau dengan berdiri jika engkau tidak mampu, maka dengan duduk, jika engkau tidak mampu, maka dengan tidur miring. Imam An Nasa’i menambahkan keadaan yang keempat, jika engkau tidak mampu dengan tidur miring, maka dengan tidur terlentang. Allah tidak memaksa seseorang kecuali pada batas kemampuannya.

(Bahtsul Masail tahun 1997, perubahan redaksi oleh Zona Studi)

BEROBAT KE DUKUN | AKAN DIKUMPULKAN BERSAMA SYETAN, BENARKAH?


Kami ingin mengajukan pertanyaan kepada pak Kiyai (pengasuh rubrik bahtsul masail). Yang ingin saya tanyakan adalah sebagai berikut: 

Pernah pak guru menjelaskan kepada kami, bahwa seorang yang berobat ke dukun guna mengobati sakitnya sedang dukun tersebut memakai bantuan syaitan yang orang-orang menyebutnya dengan istilah "dukun bancik" dan kebetulan sakit yang dikeluhkan akhirnya sembuh.

Maka menurut dawuh pak guru kepada kami, bahwa jika orang tersebut meninggal dunia, dia akan dikumpulkan bersama-sama dengan syaitan dan dijadikan pelayan oleh syetan, karena dukun tersebut pada hakekatnya dibantu syetan.

Pertanyaan saya:
Benarkah penuturan pak guru tersebut? Jikalau memang benar mohon dijelaskan dalil-dalil yang membenarkannya, dan terdapat dalam kitab apa?

Sekian pertanyaan kami. Atas jawaban pak kiyai, kami ucapkan banyak terima kasih. Jika terdapat kata-kata kami yang salah atau tidak berkenan di hati kiyai, maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Jawaban:

Dalam kitab Irsyadul Ibad terdapat hadist Nabi saw yang menjelaskan bahwa seseorang yang datang ke dukun maka shalatnya tidak diterima oleh Allah swt selama 40 hari 49 malam. Dan jika petunjuk-petunjuk atau nasihat atau syarat-syarat yang ditentukan oleh sang dukun diikuti atau ditaati, maka orang yang mengikuti atau mentaatinya dianggap kufur.

Masalah orang yang diobatkan kepada dukun tersebut sembuh, maka kesembuhan tersebut sudah waktunya diberikan Allah swt, sehingga jika dia berobat ke dukun yang lain ia akan sembuh juga, karena kesembuhan tersebut pada hakekatnya dari Allah, sebagaimana tersebut dalam hadist-hadist yang dapat kita baca dalam kitab Riyadus Shalihin. Mohon dicatat: dukun dalam pengertian dalam jawaban ini adalah orang yang biasa memberikan pengobatan dengan menggunakan suwuk yang meminta jasa syaitan.

(Sumber: Bahtsul Masail tahun 1993, perubahan redaksi oleh Zona Studi)


Akhirul kalam, dengan harapan agar kami tetap eksis memberikan edukasi kepada masyrakat mohon kiranya para Pembaca sudi meluangkan waktunya 1 detik saja untuk Subscribe pada channel Dakwah Media yang kami kelola. 

Terima kasih. 

Wassalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.